Kampus : Jl. A Yani Gg Utara BP 4PL 53 Telp:0281- 627785
Purwokerto- 53115
Jawa Tengah
Email : hicpurwokerto@yahoo.com| Facebook : hicpwt@gmail.com| Pin : 29B20F71

Minggu, 04 Januari 2015

House Keeping


HOUSEKEEPING DEPARTEMENT   


A.Tugas dan Tanggung Jawab.
            Housekeeping berasal dari kata house yang artinya rumah, wisma, hotel, dan  keep yang artinya merawat. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
         Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.


     Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu  maka housekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.

Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area :
  1.    Ruang tamu (guest room)
  2.    Gang ( corridor)
  3.    Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
  4.    Ruang kantor ( office )
  5.    Locker karyawan ( employee Locker)
  6.    Toilet karyawan ( Toilet locker )
  7.    Toilet tamu ( guest toilet )
  8.    Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
  9.    Kolam renang ( swimmingpool), dan
  10. Halaman parkir ( parking area
Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
   1.    Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2 Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
    3.    Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
   4.  Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
      
Tujuan utama housekeeping yaitu :
1.   Bersih
 Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan   terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2.   Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3.   Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
4.   Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.
(Sumber : http://book-me-tiboux.blogspot.co.id)

  


House Keeping Uniform




1 komentar:

  1. Golden Nugget Casino - Mapyro
    Find Golden Nugget Casino, Henderson NV, United States 상주 출장마사지 and other places to stay with free parking 시흥 출장안마 and a casino map. Golden Nugget 거제 출장마사지 Casino. Henderson, 영천 출장마사지 NV 동두천 출장샵 89449.

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com